Langsung ke konten utama

Perempuan perkasa pembunuh Cornelis de Houtman!



Hari itu tanggal 11 September 1599, Setelah terjadi perkelahian sengit satu lawan satu di geladak kapal, akhirnya Cornelis de Houtman mati terbunuh di tangan perempuan perkasa ini. Namanya keumalahayati dan atas keberaniannya itu akhirnya dia mendapat gelas Laksamana. Saat ini nama Malahayati banyak dipakai sebagai nama jalan, nama pelabuhan di Banda Aceh bahkan nama universitas di Bandar Lampung. Dan yang lebih keren nama Malahayati dipakai sebagai nama kapal perang TNI!
Laksamana Keumalahayati merupakan wanita pertama di dunia yang pernah menjadi seorang laksamana. Ia lahir pada masa kejayaan Aceh, tepatnya pada akhir abad ke-XV. Berdasarkan bukti sejarah (manuskrip) yang tersimpan di University Kebangsaan Malaysia dan berangka tahun 1254 H atau sekitar tahun 1875 M, Keumalahayati berasal dari keluarga bangsawan Aceh. Belum ditemukan catatan sejarah secara pasti yang menyebutkan kapan tahun kelahiran dan tahun kematiannya. Diperkirakan, masa hidupnya sekitar akhir abad XV dan awal abad XVI.
Laksamana Keumalahayati adalah putri dari Laksamana Mahmud Syah. Kakeknya bernama Laksamana Muhammad Said Syah, putra dari Sultan Salahuddin Syah yang memerintah Kesultanan Aceh Darussalam sekitar tahun 1530-1539 M. Sultan Salahuddin Syah merupakan putra dari Sultan Ibrahim Ali Mughayat Syah (1513-1530 M) yang merupakan pendiri Kesultanan Aceh Darussalam.
Jika dilihat dari silsilah tersebut, maka dapat dikatakan bahwa Laksamana Keumalahayati merupakan keturunan darah biru atau keluarga bangsawan keraton. Ayah dan kakeknya pernah menjadi laksamana angkatan laut. Jiwa bahari yang dimiliki ayah dan kakeknya tersebut kelak berpengaruh besar terhadap kepribadiannya. Meski sebagai seorang wanita, ia tetap ingin menjadi seorang pelaut yang gagah berani seperti ayah dan kakeknya tersebut.

Riwayat Pendidikan
Ketika menginjak usia remaja, Laksamana Keumalahayati mendapatkan kebebasan untuk memilih pendidikan yang diinginkannya. Ketika itu Kesultanan Aceh Darussalam memiliki Akademi Militer yang bernama Mahad Baitul Makdis, yang terdiri dari jurusan Angkatan Darat dan Angkatan Laut. Setelah menempuh pendidikan agamanya di Meunasah, Rangkang, dan Dayah, oleh karena ia ingin mengikuti karir ayahnya sebagai laksamana, maka ia mendaftarkan diri dalam penerimaan taruna di Akademi Militer Mahad Baitul Makdis. Ia diterima di akademi ini dan dapat menempuh pendidikan militernya dengan sangat baik. Bahkan, ia berprestasi dengan hasil yang sangat memuaskan.
Sebagai siswa yang berprestasi, Laksamana Keumalahayati berhak memiliki jurusan yang diinginkannya. Ia memilih jurusan Angkatan Laut. Ketika menempuh pendidikan di akademi ini ia pernah berkenalan dengan seorang calon perwira laut yang lebih senior (data tentang namanya belum diketahui). Perkenalan tersebut berlanjut hingga benih-benih kasih sayang terbangun di antara mereka. Mereka berdua akhirnya bersepakat untuk saling memadu kasih dan menyatukan diri ke dalam cinta. Setelah tamat dari Akademi Militer Mahad Baitul Makdis, keduanya melangsungkan pernikahan.
Setelah menamatkan studinya di Akademi Militer Mahad Baitul Makdis, Laksamana Keumalahayati berkonsentrasi pada dunia pergerakan dan perjuangan. Ia diangkat oleh Sultan Alauddin Riayat Syah al-Mukammil (1589-1604 M) sebagai Komandan Protokol Istana Darud-Dunia di Kesultanan Aceh Darussalam. Jabatan tersebut merupakan kepercayaan sultan terhadap dirinya, sehingga ia perlu menguasai banyak pengetahuan tentang etika dan keprotokolan.
Komandan Protokol Istana 
Sebagai seorang perwira muda lulusan Akademi Militer Baitul Makdis di Aceh dan memiliki prestasi pendidikan yang sangat memuaskan, Keumalahayati memperoleh kehormatan dan kepercayaan dari Sultan Alaiddin Riayat Syah Al Mukammil (1589- 1604), diangkat menjadi Komandan Protokol lstana Darud-Dunia dari Kerajaan Aceh Darussalam. Jabatan sebagai Komandan Protokol lstana bagi Keumalahayati adalah merupakan jabatan yang tinggi dan terhormat. Jabatan tersebut sangat besar tanggung jawabnya, karena di samping menjadi kepercayaan Sultan, juga harus menguasai soal etika dan keprotokolan sebagai mana lazimnya yang berlaku di setiap istana kerajaan di manapun di dunia. Bersamaan dengan pengangkatan Keumalahayati sebagai Komandan Protokol Istana, diangkat pula Cut Limpah sebagai komandan intelijen istana (geheimraad).(Rusdi Sufi, 1994 :31).

sumberwikipedia dan AcehPedia

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Insiden Ernest Prakasa 'Menginjak' Kepala Anis Matta

Pada kenal Ernest Prakasa, ngak? Nah, kalau kalian penggemar Stand Up Comedy Indonesia  mungkin sudah tidak asing dengan nama ini. Iya, Ernest adalah juara ketiga Stand-Up Comedy Kompas TV, yang belakangan mulai populer berkat kepiawaiannya dalam melakukan lawakan tunggal yang digawanginya bersama komunitas StandUpIndo. Tadi malam Sabtu (19/2), penduduk twitter Indonesia dihebohkan dengan sebuah foto yang diposting oleh Ernest Prakasa melalui akun twitternya (@ernestprakasa) yang sedang menginjak spanduk bergambar Anis Matta. Dalam foto tersebut Ernest dengan jelas memperlihatkan kedua kakinya menginjak foto salah satu tokoh politik dari Partai Islam itu. 
Tidakan heboh yang dilakukan Ernest ini menuai banyak cemoohan dan tanggapan negatif dari pengguna twitter, tak terkecuali dari kader-kader PKS. Kader-kader PKS yang dikenal sangat solid dan aktif di media sosial twitter, langsung mendesak agar Ernest menghapus postingannya dan meminta maaf kepada Presiden Partai mereka. Kecaman ju…

INI DIA10 ARTIS PANAS JEPANG DENGAN PAYUDARA 'BIG'

Dibawah ini adalah 10 artis dewasa jepang yang memiliki payudar terbesar menurut beberapa sumber.  (Warning)  Pastikan umur anda sudah di atas 18 tahun untuk menyimak artikel ini.
1. Miri Hanai Miri Hanai memiliki ukuran bra H-Cup. Dia adalah salah satu model panas tersukses di Jepang. Gadis berusia 25 tahun ini sudah tampil dalam berbagai JAV seperti Hanai Miri Shake! Shake! dan Gothic Lolita. Hanai juga merilis album debut pada 2005 yakni PREMONITION. Hanai juga tampil dalam poster METAL GEAR SOLID 3. 2. Ourei Harada

Ourei Harada memiliki ukuran bra J-Cup. Dirinya merilis photobook pertama bertajuk Vanilla pada usia ke-18 tahun. Dan itu merupakan langkah awal karirnya di industri panas dan JAV yang membuatnya menjadi populer di berbagai majalah dan situs dewasa, Harada memenangkan award Miss Magazine sebagai idol ‘terpanas’. Kini dia adalah member dari idol grup SKE48 yang seringkali menjadi fantasi nakal para pria. 3. Miyabi Isshiki 

Memiliki ukuran bra K-Cup, banyak yang mungkin tak perca…

SAP2000 v17.1.1 (Ultimate)

Software SAP2000 selama sekitar tiga puluh tahun dalam desain dan analisis struktur yang digunakan. Mahasiswa teknik sipil dan disiplin terkait, telah ditangani setidaknya sekali dengan software ini. Setiap tahun, lebih sumber daya dan memelihara perangkat lunak antarmuka yang sederhana dan jelas, menambah kompleksitas jenis perhitungan dan analisis. Pemodelan tiga dimensi telah menyebabkan Anda untuk dengan mudah memvisualisasikan desain dan jenis analisis harus menyesal melakukannya. Ini membawa bersama-sama semua persyaratan untuk desain dan konstruksi perangkat lunak yang digunakan dalam praktek. Belajar software ini sangat cepat dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk belajar. Loker disediakan untuk kolaborasi dalam perangkat lunak akan dapat mensimulasikan proyek yang sangat kompleks. Fitur khusus dari program ini adalah untuk menjembatani desainer dipertimbangkan. Versi baru dari perangkat lunak ini dirilis pada akhir April dan Advanced Edition atau Lanjutan mahal itu. Terbar…