Langsung ke konten utama

Ini Beda TOEFL dan IELTS


Salah satu syarat mendaftar beasiswa yang paling jamak adalah memiliki bukti kemampuan bahasa inggris. Lazimnya diminta dalam bentuk TOEFL, IELTS, atau TOEIC. Sejauh ini sih belum pernah mendengar yang selain tiga itu. 

Mari kita simak apa perbedaannya.

Sering kita mendengar ada IBT, ITP, PBT, prediction, dsb bedanya apa ya?
Oke, jadi begini. TOEFL itu sebuah standardized test yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1964 untuk mengukur kemampuan bahasa inggris. Dari dulu hingga sekarang, TOEFL itu diadakan secara resmi oleh lembaga bernama ETS, based in The USA. ETS tidak hanya ngurus TOEFL loh. Kalo pernah tahu GRE (Graduate Record Examination), salah satu syarat wajib kalau mau kuliah S2-S3 di Amerika, ini juga diselenggarakan oleh ETS. Jadi, selama ini lembaga yang menyelenggarakan TOEFL di indonesia kayak LBI UI, Perbanas, AMINEF, dan lain sebagainya hanya perpanjangan tangan ETS yang membantu menyelenggarakan di negara lokal.

Oke, masuk ke jenis-jenis tes TOEFL dan perbedaannya. Secara major, TOEFL dibagi menjadi beberapa jenis berikut: TOEFL resmi (IBT, PBT, CBT), Institusional (ITP), dan Prediction. Yuk kita simak satu per satu.

TOEFL resmi
Maksudnya adalah, sesungguhnya jenis tes TOEFL yang secara resmi diterima oleh hampir seluruh lembaga internasional (universitas, dsb) adalah yang resmi ini. Terbagi menjadi IBT, CBT, PBT, yang kepanjangannya secara berurutan internet-computer-paper based test. Saya ga mau bahas CBT dan PBT karena dua tes ini sudah ditinggalkan, kalau ga salah sejak tahun 2000an akhir. Sekarang satu-satunya TOEFL resmi yang diterima secara global adalah TOEFL IBT.

TOEFL IBT ini berbeda dengan TOEFL yang umum kita ketahui selama ini. Sebelum lebih lanjut, pasti anda berpikir bahwa TOEFL itu nilainya maksimum 600an itu kan? Nah itu adalah tipe TOEFL PBT atau ITP. Kalau IBT maksimum skornya adalah 120. Dibagi menjadi 4 segmen soal: reading, listening, speaking, dan writing. Masing-masing maksimum skornya 30.

Bedanya TOEFL IBT dengan TOEFL era sebelumnya (PBT) adalah lebih menekankan pada kemampuan bahasa inggris secara umum, bukan grammar dan structure. Jadi, bahasa kasarnya, asal kita bisa grammar yang basic, seharusnya bisa dapat nilai yang cukup baik. Kalau TOEFL PBT, mau ga mau kita harus paham betul grammar sedalam-dalamnya, yah persis pelajaran di LIA lah: dangling modifier, gerund, past principle dan tetek bengeknya hehe. Kalo IBT, practically, asal kita bisa membaca, mendengar, berbicara dan menulis, maka IBT score-nya akan bagus.

Nah, beberapa hal miscellaneous mengenai TOEFL IBT nih. Pertama, bayarnya mahal! Terakhir, kalau ga salah sekitar 230 USD, alias sekitar 2,5 juta rupiah untuk kurs dolar saat ini.
Kedua, daftarnya harus jauh-jauh hari sebelumnya. Misalnya kita mau daftar sekarang, kemungkinan baru bisa tes paling cepat 1-2 bulan lagi. Bergantung pada antriannya. Kalau lagi kosong sih, bisa saja minggu depan langsung dapat. Daftarnya di mana? Harus daftar terpusat di www.ets.org/toefl. Bohong kalau ada institusi yang menyelenggarakan TOEFL IBT secara mandiri tanpa mendaftar via website ETS.

Ketiga, harus dapat skor berapa? Tentu saja berbeda tiap program dan tiap negara. Jepang, korea, taiwan, biasanya agak moderat hanya minta skor 79. Negara native inggris seperti amerika atau inggris banyak yang minta minimal 100. Negara Eropa agak di tengah-tengah, misalnya 90an.

Ini untuk sekedar referensi syarat TOEFL IBT di beberapa program :
[1] S2 dan S3 di hokkaido university syarat TOEFL 79
[2] S2 nanotechnology Erasmus syarat TOEFL 92 Mundus 
[3] S2 dan S3 Biomedical engineering di toronto university syarat TOEFL 100, dengan spesifikasi 25/30 untuk writing dan speaking
Oh ya, waspada ya, IBT ini masa berlaku skornya cuma 2 tahun loh!

TOEFL ITP
Kepanjangannya adalah institutional testing program. Jadi dari namanya saja sudah terbatas untuk kebutuhan institusi, sebenarnya secara aturan ga boleh TOEFL ITP dipakai untuk daftar admission kuliah/beasiswa. Ia hanya untuk kebutuhan internal institusi. Nah, ini jenis TOEFL yang umum kita pahami dengan maksimum skor 677. Serupa dengan TOEFL resmi ketika masih zaman PBT.
Saya tidak ingin panjang lebar, walaupun tidak sesuai dengan peruntukannya aslinya, TOEFL ITP ini masih bisa digunakan untuk mendaftar ke lembaga penyedia beasiswa, biasanya pihak ke-3. Sebutlah beasiswa LPDP, Beasiswa ADS (Australia), beasiswa Fulbright (Amerika) dan beberapa lainnya. Sangat terbatas. Itu pun in the end of the day, kita tetap harus ikut TOEFL IBT (untuk case fulbright) atau IELTS (untuk case ADS), bedanya kalau lewat program beasiswa Fulbright atau ADS, biaya tesnya akan dibayarin! Tapi beberapa universitas terutama di Korea, Jepang atau Taiwan masih ada yang membolehkan TOEFL ITP. Banyak orang yang mendaftar hanya bermodal skor TOEFL ITP tapi bisa lolos. 

Gimana caranya dapat skor bagus di TOEFL ITP? Menurut saya sih ITP itu ga terlalu menantang. Model belajarnya seperti belajar buat SPMB aja. Banyak latihan soal, beli aja buku-bukunya di gramedia. Pelajari pola soal yang sering keluar, mestinya sih bisa mengalami peningkatan... FYI, saya pernah mengikuti ITP-like TOEFL test di IPB, dan mendapatkan skor 623. Caranya ya itu tadi, mampu mengetahui pola dan karakteristik soal yang sering keluar.
Oh ya, biar ga terlalu keluar uang banyak, bisa juga ikut prediction test dulu. Biayanya jauh lebih murah, hanya 75 ribu.

IELTS itu setara dengan TOEFL IBT. Ia juga diterima di hampir seluruh institusi pendidikan. Bedanya dengan IBT hanya 2:
- Listening nya aksen british
- Speaking nya langsung dengan orang. Kalau di IBT speaking di depan komputer kemudian suara kita direkam.

Lebih sulit mana? Tergantung selera . Saya personally lebih suka IBT karena american dan ga grogi ngomong di depan komputer. IELTS ini maksimum skor 9, biasanya akan aman kalau di atas 6,5 atau yah... 7 kali ya.
Apakah kalau daftar ke kampus british (UK dan australia) wajib pakai IELTS? Hingga 2014 ini sih ga wajib. Jadi daftar ke UK maupun Australia, silakan saja pake TOEFL. Begitupun daftar ke kampus non-british, bisa pakai IELTS. Namun kemarin sempat baca berita bahwa kebijakan akan diubah, namun sepertinya masih gosip. Kita tunggu saja. Jenis tes lain seperti TOEIC diterima di kampus-kampus di Jepang. Tapi saya ga mau bahas tuntas deh, silakan googling sendiri, hehe.


Komentar

Pos populer dari blog ini

Insiden Ernest Prakasa 'Menginjak' Kepala Anis Matta

Pada kenal Ernest Prakasa, ngak? Nah, kalau kalian penggemar Stand Up Comedy Indonesia  mungkin sudah tidak asing dengan nama ini. Iya, Ernest adalah juara ketiga Stand-Up Comedy Kompas TV, yang belakangan mulai populer berkat kepiawaiannya dalam melakukan lawakan tunggal yang digawanginya bersama komunitas StandUpIndo. Tadi malam Sabtu (19/2), penduduk twitter Indonesia dihebohkan dengan sebuah foto yang diposting oleh Ernest Prakasa melalui akun twitternya (@ernestprakasa) yang sedang menginjak spanduk bergambar Anis Matta. Dalam foto tersebut Ernest dengan jelas memperlihatkan kedua kakinya menginjak foto salah satu tokoh politik dari Partai Islam itu. 
Tidakan heboh yang dilakukan Ernest ini menuai banyak cemoohan dan tanggapan negatif dari pengguna twitter, tak terkecuali dari kader-kader PKS. Kader-kader PKS yang dikenal sangat solid dan aktif di media sosial twitter, langsung mendesak agar Ernest menghapus postingannya dan meminta maaf kepada Presiden Partai mereka. Kecaman ju…

Berzina Di dalam Mobil, Tewas Tertabrak

Seperti di beritakan oleh akun facebook Bioarabasta, Tabrakan maut terjadi antara pikap Suzuki Carry dan Toyota Rush di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), Desa Alue Kumba, Kecamatan Rantau Seulamat, Aceh Timur, Kamis (27/11) sore. Insiden itu menyebabkan tiga korban meninggal di tempat, seorang lagi selamat.
Kejadian itu berlangsung sekitar pukul 15.00 WIB. Toyota Rush warna putih BK 1484 PI yang ditumpangi tiga orang, dua di antaranya meninggal akibat lakalantas itu, yakni Praka Hariadi (30), anggota Kompi C Yonif Raider/111 Paya Bakong, Aceh Utara, dan Fitri (20), warga Gampong Aceh, Kecamatan Idi Rayeuk, Aceh Timur. Saat di Temukan Mayat Hariadi dan Fitri Telanjang Bulad.
Seorang lagi selamat, yakni Pratu Mediriansyah (20), anggota TNI Kompi E Raider/111 Paya Bakong, Aceh Utara. Sementara pengemudi Suzuki Carry BL 8124 DE, Kafrawi (54), berprofesi PNS, tewas. Alhamrum tercatat sebagai warga Paya Meuligo, Kecamatan Peureulak Kota, Aceh Timur.

Saksi mata menyebutkan, mobil Toyota Rush me…

Ini Alasan Kenapa Kaki Dan Ketiak Mudah Geli

Selera Unik – Ketiak dan telapak kaki hampir sebagian besar orang menjadi bagian tubuh yang paling tidak tahan geli. Kenapa dua bagian ini paling sensitif dan tidak tahan jika digelitik atau disentuh? Berikut selera unik memberikan faktanya, seperti yang di kutip dari beritaunik.net. Beberapa orang mungkin memiliki bagian sensitif yang berbeda, karena pada titik tersebut menghasilkan refleks geli dengan derajat yang bervariasi atau bahkan tidak sama sekali. Seseorang mungkin memiliki daerah sensitif dimana orang lain tidak merasakan apapun. Telapak kaki dan ketiak merupakan dua daerah dalam tubuh yang paling sensitif bagi kebanyakan orang. Hal ini karena pada telapak kaki memiliki konsentrasi Meissner’s corpuscles yang lebih tinggi. Ujung dari saraf ini akan membuat telapak kaki memiliki kadar geli yang lebih tinggi daripada bagian tubuh lainnya, seperti dikutip dari health. Biasanya tempat yang paling geli adalah tempat yang sangat rentan terhadap serangan, setidaknya di sekitar bagia…